Home » » kesehatan bayi ,anak

kesehatan bayi ,anak

Written By drh.Kunta Adnan Sahiman on Saturday, October 13, 2012 | 2:17 AM

KESEHATAN BAYI & ANAK

Ini pertanyaan yang sering di tanyakan oleh para member di sini...semoga bermanfaat...Jika masih ada yang kurang atau mau menambah kan...silahkan...mari sama sama belajar ^_^


***** JIKA BAYI BATUK, PILEK....
kalau masih ASI-ex mah yg penting GEMPUR dengan ASI ( utamakan ASI yg fresh from the gentong)susui dg lebih sering bahkan tanpa diminta, InsyaAlloh cpt sembuh..JANGAN LUPA DI JEMUR TIAP PAGI...
- jika hidung bayi tersumbat : Apabila hidung anak Anda tersumbat, teteskan 5 sampai 7 tetes ASI, yang diambil langsung dari ibunya, ke dalam satu lubang hidung. Tunggu selama 15 menit dan lakukan lagi ke lubang hidung lainnya. Jangan lakukan di kedua lubang hidungnya sekaligus..dan diulang 3-4jam berikutnya.
dan bikin uap alami taruh dikamar bayi 15-20 menit setiap kali uap.
Caranya masak air dengan pemasak listrik tambahkan minyak kayu putih / telon 5-10 tetes. Biarkan uap memenuhi kamar bayi dan terhirup oleh bayi.
dan jangan lupa bayi nya di ajak untuk dijemur...

Konsumsi habbatusauda. Kalau pileknya meler berarti tubuhnya dingin dan diatasi dengan herba yang sifatnya hangat dan menyebarkan angin dingin internal tubuh. misalnya habbatusauda, madu juga bisa. tapi kalo pileknya agak kental berarti selain dingin ada sifat lembabnya juga atau dengan kata lain sifat pileknya lembab dingin nah kalo gini lawannya herba yang bersifat panas kering, contohnya kurma atau sari kurma..

______atau jika dirasa mengganggu sekali, bisa di teteskan propolis sebanyak 2 tetes/hari ______


***** JIKA BAYI KEMBUNG
____Penyebab kembung____
-Posisi menyusui kurang tepat sehingga udara ikut terhisap.-Bayi tidak segera disusui saat lapar sehingga udara masuk perut.-Bayi terutama yang tidak tahan laktosa diberi susu formula, sehingga kandungan laktosanya menyebabkan gas terkumpul dalam usus.-Bayi usia 6 bulan mendapat makanan tambahan berisiko penumpukan gas di pencernaan semakin besar. Ini karena masa peralihan dari susu ke makanan padat rentan mengakibatkan ganguan pencernaan dan pengaliran makanan.
____Tindakan mengatasi_____
-Letakkan kain hangat di atas perut bayi.
-Lakukan pemijatan dengan cara mengusap perut bayi ke arah usus besar, lalu turun lagi.
-Lakukan saat ia sedang santai atau tidak menangis.
-Tengkurapkan bayi sehingga gas di perut mencari tempat lebih tingi lalu kemudian keluar sebagai buang angin.
-Sendawakan.


***** JIKA BAYI BELEKAN
-sering bersihkan mata dengan kain bersih yg dicelupkan ke air hangat-tetesi asi, sekitar 3 tetes per 4jam sekali...

- Kunyit diparut/diulek ambil sarinya + kapur sirih sedikit, olesin di kening sampai batas alis, kalo udah kering diulangi lg

***** JIKA BAYI TERKENA CACAR AIR
-yg penting cacar airnya jgn di pecah sendiri biarkan mengering sendiiri. klo di pecahin malah takutnya bisa terinfeksi bakteri..-Tetap susui lebih sering ( utamakan ASI yg fresh from the gentong)
-kulitnya olesi dg jelly gamat atau minyak zaitun+minyak habbat dg perbandingan 1:1
-jaga kebersihan, anak tetap dimandikan,,mandikan dg air PK :)


****** JIKA BAYI DAN ANAK TERKENA CAMPAK

biasanya campak bersamaan dengan mata merah, batuk pilek, mencret dan merah2 dikulit,
- untuk panas badannya minum yang banyak, atau jus wortel+madu dan kompres,
- untuk muntah mencret minum teh+irisan kunyit+daun salam+gula (sekalian biar ga
dehidrasi),
- untuk mata katanya sering ditiup aja, biar ga numbuh dimata
- untuk kulit dimandiin seperti biasa, dan dibalurin daun cermai yang sudah ditumbuk atau di remes2

***** JIKA BAYI TERKENA RUAM POPOK
- biasakan setiap baby BAK,dibersihkan jg dgn air. Setelah dibasuh air dgn kapas bulet/ handuk hingga kering..- oles dg minyak zaitun ato vco / minyak tawon / minyak but but- Untuk sementara jangan pake diapers dulu yach...dan jika ternyata malah menyebar dipaha,kaki,dan ditangan. Bintik2 merahnya tdk rata sangat mengganggu karena gak bisa tidur gatal bgtpara ayah bunda bisa membuat obat nya sendiri,, cara alaminya bisa dng minyak herbal, atau bisa buat sendiri di rumah : minyak zaitun 1 sendok + minyak habbatussauda 1/2 sendok + minyak pandan 1/2 sendok+minyak kelapa.--> trus dioleskn. cepat sembuuuhh yaa..^_^

***** INI CARA PENANGANAN BATUK DAN PILEK PADA ANAK *****
1. usahakan minum air putih hangat sesering mungkin. Ini akan membantu proses pengeluaran slem lebih cepat.

2. berikan jus jeruk ditambah madu dua kali dalam sehari. Pagi kala perut kosong dan malam sebelum tidur.

3. ajari anak untuk menghisap uap air panas yang dicampur beberapa ramuan herbal pagi dan sore hari selama 10 – 15 menit atau semampunya (cara buat : didihkan 1 liter air + 1 ibu jari jahe + sejumput cengkeh + 1 sendok makan garam + sedikit mint kalau ada) berfungsi sebagai oabat inhalasi untuk melonggarkan saluran nafas dan mengeluarkan slem.

4. kompres hangat sekitar hidung, kening, muka dan bagian dada selama 30 menit sd 1 jam.

5. berikan ramuan herbal bikinan sendiri : didihkan 4 gelas air + 1 ibu jari jahe, 1 ibu jari laos, + ibu jari kayu manis, 2 batang serai, di iris iris, tambahkan 6 lembar daun sirih yang dipotong potong dan sejumput cengkih. Biarkan hingga air tinggal 2 gelas. Berikan 1 gelas dipagi hari dan 1 gelas disore hari. Ditambah dengan 2 sdm madu.

6. ketika anak tidak selera makan, tak usah cemas apalagi dipaksa makan. Berikan air madu hangat sesering mungkin ditambah jus buah buahan secukupnya.

7. Kencur diparut atau di ulek, kalo ada mau langsung ditambahin madu, anaknya ga mau kencur bisa ambil sarinya aja + madu

Catatan :

Kapan menghubungi dokter?

1. Persistent cough, fever > 72 hours

2. Sesak nafas, kuku dan bibir tampak biru

3. Luar biasa rewel, atau luar biasa mengantuk (sangat sulit dibangunkan)

INGAT: TIDAK ADA OBAT PILEK KIMIA YANG EFEKTIF UNTUK BAYI DAN ANAK

Jika kita membaca literaratur kedokteran, sering diungkapkan bahwa batuk merupakan suatu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang mengganggu saluran nafas kita, seperti dahak, riak, benda asing (kacang, dsb). Batuk sebagai anugerah terindah dari Tuhan sering disikapi dengan tidak bijak oleh mereka yang tidak memahaminya. Andaikan kita perhatikan sejenak para pada penderita stroke misalnya. Karena adanya gangguan dalam otak, refleks batuknya terganggu. Akibatnya dahak menumpuk di paru2 dan ybs umumnya mengalami pneumonia. Hingga berefek fatal kematian pada penderita tsb. Batuk bukanlah momok. Melalui batuk, kita tetap dapat bernafas, karena lendir yang mengganggu saluran nafas akan dikeluarkan saat batuk. Dengan batuk, kita terhindari dari bahaya tersedak benda asing yang masuk ke saluran nafas kita.
Yang terpenting yang harus kita lakukan adalah mencari tahu apa penyebab batuk. Infeksi kah atau bukan infeksi. Pada anak, batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau oleh alergi.Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa berlangsung sd 2 minggu. Bahkan lebih lama lagi bila anak kita sensitif atau alergi, atau bila di rumah ada anak lain yang lebih besar yang juga sedang sakit. Batuk karena alergi juga bisa berlangsung lama atau hilang timbul selama pencetus alerginya tidak diatasi. Alergi yang dimaksud bisa dalam bentuk alergi hidung (Allergic rhinitis), asma, alergi suatu zat dari lingkungan. Penyebab lainnya adalah sinusitis, reflux, pneumonia.

Tatalaksana :

_____Cari PENYEBAB batuk_____

Jika batuk disebabkan oleh produksi dahak yang berlebihan, maka upaya yang perlu dilakukan adalah mengurangi produksi lendir.
Melalui cara :

1. Minum banyak yang hangat misalnya lemon

2. Jangan ada asap rokok Ruangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka keran air panas & biarkan beberapa lama sehingga ruangan, atau taruh satu ember air panas mendidih, atau pasang humidifier)

3. Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi4. NO – ANTIBIOTICS. Ingat ! Kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotikNO cough suppressant. Jangan mengkonsumsi obat penekan refleks batuk (seperti DMP). Anehnya, anak kita sering mendapatkan obat racikan / puyer yang salah satu kandungannya codein (sejenis narkotika) yang tidak diketahui manfaatnya.

Pada dasarnya, TIDAK ADA yang namanya obat batuk itu. Juga tidak ada obat pencair dahak. Cari pencetusnya !



***** JIKA ANAK MENCRET....
ANAK DI ATAS 6 BULAN - 1 TAHUN...
____bs pk jeruknipis + madu,,, jeruk nipisnya diperes,,campur madu,,kukus sbentar,, minumin pagi sore...

- kunyit sebesar kelingking sebagian dibakar diulek atau diparut ambil sarinya+ madu...

JIKA MUNTAH+MENCRET

- teh tubruk+kunyit 3 irisan+daun salam 1 lembar+gula pasir diseduh, diminum sering mungkin.

ANAK DI ATAS 2 TAHUN
____kunyit 1/2 JARI di parut di campur ketumbar bubuk + 1 gelas (belimbing) air,,direbus smpai aga sat ( berkurang) sedikit,,kemudian disaring,,setelah adem baru di campur madu...

***** JIKA ANAK CACINGAN...( UNTUK BAYI DI ATAS 6 BULAN)
Cukup di kasih produk turunan kelapa ( air kelapa, daging kelapa, minyak kelapa) vco..untuk VCO cukup 1 sendok teh tiap pagi, di treatment selama 1 minggu... ***** JIKA ANAK DIARE...silahkan baca di www.facebook.com/groups/tanya.asi/doc/10150569755006026/

****** JIKA ANAK FLEK

Rutin minum susu kambing segar...insya allah flek atau paru2 bisa bersih insya Allah

0 comments:

Post a Comment